Ini Nih Jenis-Jenis Penyakit Mata

jenis-jenis-penyakit-mata

Mata merupakan anggota tubuh yang memiliki peran penting bagi setiap orang. Ini dikarenakan mata merupakan salah satu anggota badan yang digunakan untuk melihat. Dengan memiliki mata yang sehat, membuat orang dapat melihat keindahan isi dunia. Jika mata tidak dirawat dengan baik, bisa-bisa menimbulkan berbagai masalah mata salah satunya kebutaan. Tidak sedikit juga orang yang ada di Indonesia mengalami kebutaan, salah satu penyebabnya karena tidak menjaga mata dengan baik. Maka dari itu, jika mata Anda ingin dalam kondisi sehat, faktor utamnya harus menjaga kesehatan mata dengan baik. Masalah mata tidak hanya kebutaan, tapi ada banyak jenis penyakit mata lain, seperti di bawah ini:

Katarak

Katarak merupakan penyakit mata yang menyebabkan lensa mata menjadi keruh sehingga penglihatan menjadi kabur. Penyakit Katarakbiasanya akan terjadi atau dialami pada orang yang berusia lanjut. Akan tetapi, katarak juga bisa disebakan oleh faktor paparan sinar ultaraviolet dan penggunaan obat-obat seperti steroid. Katarak tidak hanya membuat pandangan menjadi kabur, tapi bisa juga menyebabkan kebutaan. Jika telah menderita penyakit katarak tidak ada cara untuk bisa mengobatinya selain dengan cara operasi. Jika mata bagus Anda ingin terhindar dari mata katarak, Anda harus mencegahnya sejak dini dengan cara periksa mata secara rutin, memakai kaca mata hitam untuk menghindari paparan sinar matahari, dan makan buah dan sayur.

Glaukoma

Jenis penyakit mata kedua yaitu glaukoma. Glaukoma merupakan penyakit mata yang disebabkan oleh peningkatan tekanan di bola mata yang tinggi. Resiko dari menderita penyakit mata satu ini dapat menyebabkan kehilangan penglihatan. Penyakit mata satu ini dapat disebabkan oleh penyakit mata tertentu yang menyerang saraf optik mata. Glaukoma sendiri terbagi dua yaitu glaukoma sudut terbuka dan glaukoma sudut tertutup. Untuk glaukoma sudut terbuka merupakan jenis glaukoma umum. Sedangkan untuk glaukoma tertutup merupakan glaukoma yang sering ditemukan karena keluhan yang mengganggu. Gelaja dari penyakit mata glaukoma satu ini yaitu sakit mata hebat dan pandangan kabur.

Konjungtivitis

Jenis penyakit mata satu ini yaitu konjungtivitis. Jenis penyakit mata satu ini disebabkan karena adanya peradangan pada selaput mata. Penyebab sakit mata konjungtivitis sendiri adalah iritasi karena polusi, alergi, dan infeksi akibat bakteri. Gejalanya sendiri yaitu mata merah, gatal, penglihatan agak sedikit kabur, dan juga mata terasa berair. Yang menderita penyakit mata satu ini tidak hanya dialami oleh orang dewasa, tapi juga dapat dialami oleh anak kecik bayi sekalipun. Jika mata Anda merasa memiliki gejala seperti ini, ada baiknya untuk segera melakukan pemeriksaan terlebih dahulu sebelum terlambat.

Rabun

Penyakit mata selanjutnya yaitu rabun. Rabun ini bisa terjadi pada siapa saja dan usia berapa saja. Penyakit rabun sendiri ada dua macam yaitu rabun jauh dan rabun dekat. Penyakit mata rabun jauh sendiri merupakan penyakit mata yang diderita oleh seseorang yang tidak bisa melihat dari padangan jauh. Yang menyebabkan seseorang rabun jauh yaitu terlalu sering untuk melihat dari padangan yang dekat. Sedangkan rabun dekat merupakan ganguan mata yang membuat sipenderita tidak bisa melihat benda dari jarak dekat. Adapun salah satu cara untuk mencegah mata rabun yaitu jangan terlalu sering berada di depan layar komputer atau televisi.

Demikianlah jenis-jenis dari penyakit mata yang harus Anda ketahui. Pada intinya untuk mencegah penyakit mata ini Anda harus rajin melakukan pemeriksaan dan menjaga kesehatan mata.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *